Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Sejak dicanangkannya Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) oleh Menkes Siti Fadillah Supari tahun 2006 lalu, telah banyak dilakukan berbagai kampanye CTPS. Public-Private Partnership for Handwashing with Soap (PPP-HWWS) atau KPS-CTPS yang terdiri dari Unilever (Lifebuoy), WSP, UNICEF, ESP, HSP, Aman Tirta, Reckitt Benckiser, dan beberapa badan internasional lainnya telah menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) yang akan dirayakan bersama oleh jutaan anak di 52 negara, di 5 benua, untuk mendukung dan mensukseskan Tahun Sanitasi Internasional 2008. Pengumuman penunjukan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di STockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktek-praktek kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. Hal ini juga dilakukan untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun.

Mengapa Cuci Tangan Pakai Sabun?

Kedengarannya sepele sekali ya? Tapi cuci tangan ternyata merupakan sebuah kunci penting dalam pencegahan penularan penyakit lho! Banyak sekali penyakit menular yang terjadi karena masalah  perilaku hidup bersih dan sehat yang rendah, salah satunya dalam hal mencuci tangan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa perilaku mencuci tangan DENGAN SABUN dapat menurunkan tingkat kejadian dan penularan berbagai macam penyakit menular. Dari berbagai riset, risiko penularan penyakit dapat berkurang dengan adanya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, perilaku hygiene, seperti cuci tangan pakai sabun pada waktu penting. Menurut penelitian Fewtrell l, Kaufmann RB, et al, (2005) perilaku cuci tangan pakai sabun merupakan  intervensi kesehatan yang paling murah dan efektif dibandingkan dengan hasil intervensi kesehatan dengan cara lainnya dalam mengurangi risiko penularan berbagai penyakit termasuk flu burung, kecacingan, influenza, hepatitis A, demam tifoid, dan  diare terutama pada bayi dan balita.

Dalam dunia kesehatan, bukan merupakan berita baru bahwa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan–bahkan hanya tindakan menyentuh pasien–dapat menyelamatkan nyawa si pasien  dan petugas kesehatan dari infeksi nosokomial, lebih daripada yang bisa dilakukan oleh antibiotik. Bahkan untuk menekankan betapa pentngnya mencuci tangan dengan sabun, beberapa dosen saya di Fakultas Kedokteran UGM tidak akan meluluskan mahasiswanya dalam ujian praktek jika ia mencuci tangan dengan cara yang salah–apalagi jika ia lupa mencuci tangan. Bukan hanya tidak lulus, tapi juga bakal “dihadiahi” dengan ceramah panjang lebar dan ancaman2 mengerikan tentang tanggung jawab terhadap keselamatan pasien..Heuh, membayangkannya saja saya jadi merasa tidak nyaman.

Langkah dan Waktu yang Tepat Cuci Tangan Pakai Sabun

1.Basuh tangan Anda dengan air yang mengalir, cuci dengan sabun dan gosok kedua tangan selama 20 detik sampai muncul busa. Pastikan menggosok bagian di sela-sela jari, di bawah kuku dan punggung tangan.

2.Bilas tangan Anda dengan air mengalir selama 10 detik;

3.Keringkan tangan dengan menggunakan kain lap yang bersih dan kering.

Mencuci tangan dalam kehidupan sehari-hari terutama diperlukan pada waktu-waktu penting berikut ini :

1. Sebelum makan;
2. Sesudah buang air besar;
3. Sebelum memegang bayi;
4. Sesudah menceboki anak;
5. Sebelum menyiapkan makanan.

Nah,tunggu apa lagi? Ayo jadikan cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu kebiasaan baik kita!

Handwashing With Soap Campaign

Advertisements

One thought on “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s